Daun Jatuh

Senin, 14 April 2014

TAMAN KOTA sebagai PARU-PARU KOTA











Taman kota biasa disebut pula dengan City Park. Taman kota adalah sepetak tanah yang dibuat hijau dengan tujuan melengkapi sarana dan prasarana sebuah kota modern.

Fungsi taman kota dalam ekosistem sangatlah penting. taman kota bisa menjadi penyegar di tengah panasnya perkotaan. Taman kota juga bisa menjadi penyeimbang ekosistem bagi lingkungan yang telah banyak perubahan di perkotaan.

Keberadaan taman kota menjadi salah satu paruparu kota. Sebab, fungsi dari pepohonan dan tanaman hijau di taman kota diperlukan untuk menyaring polusi yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan bermotor.

Fungsi itulah yang diemban oleh sejumlah taman kota yang hadir di Kota Makassar, termasuk Maccini Sombala of Indonesia (MoI) yang berada di Kecamatan Maccini, Kota Makassar.

Kehadiran taman kota MoI benar-benar menjadi sebuah solusi bagi warga kota yang haus akan suasana daerah atau pedesaan. "Sebaiknya taman-taman seperti ini diperbanyak," ujar Rukayyah, salah seorang warga yang selalu datang berjogging ke taman kota MoI setiap akhir pekan, saat ditemui beberapa hari lalu.

Udara yang jernih sangat diperlukan bagi manusia. Apalagi bagi penduduk perkotaan yang dalam lima atau enam hari sebelumnya dihabiskan dengan bekerja keras dalam lingkungan
yang kurang sehat semacam ruangan pengap, AC ataupun berdebu.
Ketika seseorang menghirup udara segar, secara klinis memang akan mempengaruhi tingkat kejernihan darah yang mengalir ke otak. Kepala akan terasa ringan dengan udara segar yang mengalir dalam darah. Begitu juga bila dilihat dari faktor psikologis. Taman kota yang rindang ditanamai dengan tumbuhan hijau membuat mata menjadi segar. Perasaan akan terasa tenang. Tentunya siap untuk diajak bekerja keras dalam 5-8 hari ke depan. Jadi, kurang lebih taman kota dibuat seperti charger bagi kita yang diibaratkan telepon genggam yang energinya perlu diisi.
Mengingat pentingnya fungsi dari taman kota, sangatlah perlu bagi kita untuk melestarikan dan ikut menjaga supaya taman ini terawat. Tidak merusak tanaman dan membuang sampah pada tempatnya baik di taman kota maupun di dalam kota itu sendiri merupakan salah satu bentuk kepedulian kita dengan alam, khususnya akan kebersihan dan kesehatan lingkungan kota kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar